KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

SDN ADISUCIPTO 1

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Rasional

Desentralisasi pengelolaan pendidikan sesuai dengan UU RI No. 23 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam pengelolaan pendidikan, yang semula bersifat sentralisasi menjadi desentralisasi. Desentralisasi pengelolaan pendidikan memberikan wewenang kepada kepala sekolah untuk menyusun kurikulum operasional yang mengacu pada UU No. 23 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan pendidikan nasiona tersebut, pengembangan kurikulum di sekolah harus mengacu kepada standar nasional pendidikan yang terdiri dari standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala.

Desentralisasi pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah perlu segera dilaksanakan. Salah satu wujud desentralisasi pendidikan adalah diberikannya kewenagan kepada sekolah untuk mengambil keputusan dalam mengembangkan kurikulum.

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk  mencapai tujuan peendidikan tertentu. Tujuan tertentu tersebut meliputi tujuan pendidikan, tujuan pendidikan di sekoalah dasar yang disesuaikan dengan kondisi dan potensi daerah. Bentuk nyata dari desentralisasi pengelolaan pendidikan ini adalah diberikannya kewenangan kepada sekolah untuk mengambil keputusan berkenaan dengan penglolaan pendidikan, seperti dalam pengelolaan kurikulum, baik dalam penyusunan maupun pelaksanaannya di sekolah.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dirancang agar dapat memberi kesempatan kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan, membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertkwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, manadiri dan menjadi warga negara yang dekmokratis serta bertanggungjawab.

B. Landasan

    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Isi Pendidikan.
    3. Peraturan Menteri Pendidian Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Standar isi mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Termasuk dalam Standar Isi adalah kerangka dasar dan stuktur kurikulum, Standar Kompeensi dan Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran pada setiap semester pada setiap jenjang dan jenis pendidikan dasar dan menengah.
    4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompensi Lulusan. Standar Kompetensi Lulusan merupakan kualifikasi kemampuan kelulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan perilaku.
    5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang pelaksanaan peraturan menteri pendidikan nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah dan peraturan menteri pendidikan nasional nomor 23 tahun 2006 tentang standar isi kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

    C. Tujuan, Visi dan Misi

      Tujuan Pendidikan Dasar

        Meletakkan dasar kecerdasan, pengtahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lanjut. Menghasilkan keluaran yang memenuhi Standar Kompetensi Luusan (SKL) dan Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Tujuan Pendidikan secara umum dapat dicapai, maka kurikulum SD Negeri Adisucipto 1 dijabarkan ke dalam Visi dan Misi.

        Visi SDN Adisucipto 1

          ”Terwujudnya Sekolah yang Bermutu, Bermoral dan Berbudaya serta Menjadi Mitra Terpercaya di Masyarakat”

          1. Misi SDN Adisucipto 1
          1. Menciptakan proses pembelajaran yang efektif sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal.
          2. Melaksanakan bimbingan belajar secara kontinyu dan menyeluruh sesuai dengan potensi siswa.
          3. Menumbuhkan penghayatan terhadap agama yang dianut sebagai sumber perilaku sopan santun.
          4. Membentuk sumber daya yang aktif, kreatif, inovatif sesuai dengan perkembangan zaman.
          5. Mendorong dan memotivasi siswa untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi.
          6. Melaksanakan pembelajaran komputer.
          7. Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat.

          Tujuan Sekolah

          1. Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
          2. Siswa sehat jasmani dan rohani.
          3. Siswa memiliki dasar-dasar pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
          4. Mengenal dan mencintai bangsa, masyarakat dan kebudayaannya.
          5. Siswa kreatif, terampil dan bekerja untuk dapat mengembangkan diri secara terus menerus.

          Upaya untuk mewujudkan visi dan misi SD Negeri Adisucipto 1, menetapkan tujuan dalam kurun waktu 4 tahun kedepan 2008 – 2012 sebagai berikut :

          1. Mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari
          2. Miningkatkan rata-rata nilai ujian
          3. Meraih kejuaraan lomba akademik maupaun non akademik
          4. Meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke SMP berkualitas
          5. Menghasilkan lulusan yang memiliki budaya tatakrama, sopan santun dalam kehidupan sehari-hari
          6. Mengembangkan keterampilan menciptakan lingkunganyang nyaman, asri, bersih dan indah

          D. Pengertian

            Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Selajutnya dikenal dengan KTSP. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing sekolah. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan di tingkat satuan pendidikan, stuktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.

            Stuktur Kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalam muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang terecantum dalam sturktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Kelulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari stuktur kurikulum pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Struktur kurikulum Sekolah Dasar meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I samapai dengan Kelas VI. Stuktur kurikulum SD disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.

            Muatan Kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu muatan okal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.

            Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur Kurikulum SD Negeri Adisucipto 1 diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan Sekolah pada setiap tahun ejaran.

            Kalender Sekolah adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

            Alokasi waktu permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap sekolah.

            Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap sekolah.

            Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam pembelajaran untuk kegiatan pengembangan diri.

            Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari lbur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional dan hari libur khusus.

            Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

            Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana yang sistematis dari setrategi pembelajaran yang memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode/alat, langkah-langkah pembelajaran, alat/sumber belajar dan penilaian.

            Pembelajaran Tematis merupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa.

            E. Acuan Operasional Kurikulum Sekolah

              Acuan Operasional penyusunan kurikulum di sekolah juga memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

              1. Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia

              Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum disusun yang memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia.

              1. Peningkatan potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik.

              Pendidikan merupakan proses sistematik untuk meningkatkan martabat manuasia secara hilostik yang memungkinkan potensi diri (afektif, kognitif, psikomotor) berkembang secara optimal. Sejalan dengan itu, kurikulum disusun dengan memperhatikan potensi, tingkat perkembangan, minat, kecerdasan intelektual, emosional dan sosial, spiritual, dan kinestetik peserta didik.

              1. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan.
              Daerah memiliki potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan. Masing-masing daerah memerlukan pendidikan sesuai dengan karakteristik daerah dan pengalaman hidup sehari-hari. Oleh karena itu, kurikuluk harus memuat keragaman tersebut

              2. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional

              Dalam era otonomi dan desentralisasi untuk mewujudkan pendidikan yang otonom dan demokratis perlu memperhatikan keragaman dan mendorong partisipasi masyarakat dengan tetap mengedepankan wawasan nasional. Untuk itu, keduanya harus ditampung secara berimbang dan saling mengisi.

              3. Tuntutan dunia kerja

              Kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup. Oleh sebab itu, kurikulum perlu memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja. Hal ini sangat penting terutama bagi satuan pendidikan kejuruan dan peserta didik yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

              4. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
              5. Agama
              6. Dinamika perkembangan global
              7. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
              8.  Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
              9.  Kesetaraan jender
              10.  Karakteristik satuan pendidikan
              11 Prinsip Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum

              • Prinsip Pengembangan
              • Prinsip Pelaksanaan

                              BAB II

                              STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

                              A. Struktur Kurikulum

                              Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kewarganegaraan   dan kepribadian; ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika; jasmani, olahraga dan kesehatan.

                              Struktur kurikulum SDN Adisucipto 1 meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan kelas VI.

                              Struktur kurikulum SDN Adisucipto 1 disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

                              1. Kurikulum SDN Adisucipto 1 memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
                              2. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan ”IPA terpadu” dan ”IPS terpadu”.
                              3. Pembelajaran pada kelas I s/d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s/d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
                              4. Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
                              5. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 36 minggu.

                              STRUKTUR KURIKULUM SDN ADISUCIPTO 1

                              No. Komponen Alokasi Waktu
                              Kelas
                              1 2 3 4 5 6
                              A Mata Pelajaran
                              1 Pendidikan Agama Pendekatan Tematik 3 3 3
                              2 Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
                              3 Bahasa Indonesia 5 5 5
                              4 Matematika 5 5 5
                              5 Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
                              6 Ilmu Pengetahuan Sosial 3 3 3
                              7 Seni Budaya dan Ketrampilan 4 4 4
                              8 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 4 4 4
                              B Muatan Lokal
                              1 Bahasa Jawa 2 2 2
                              2 Bahasa Inggris 2 2 2
                              3 Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2
                              C Pengembangan Diri
                              1 Pramuka 2*) 2*) 2*)
                              2 Drumband 2*) 2*) 2*)
                              Jumlah 30 31 32 36 36 36

                              *) Ekuivalen 2 Jam Pembelajaran

                              B.    Muatan Kurikulum di SDN Adisucipto 1

                              Muatan kurikulum meliputi 8 mata pelajaran, 3 muatan lokal dan  pengembangan diri.

                              1. Mata Pelajaran

                                Mata Pelajaran di SDN Adisucipto 1 terdiri dari  8 mata pelajaran yaitu :

                                1. Pendidikan Agama Islam (bagi siswa muslim)

                                  Pendidikan Agama Islam di SD bertujuan untuk :

                                  • Menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan pengamalan, pembiasaan serta pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.
                                  • Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

                                  2. Pendidikan Kewarganegaraan

                                    Mata pelajaran PKn bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

                                    • Berfikir  secara  kritis,  rasional   dan   kreatif   dalam  menanggapi   isu kewarganegaraan.
                                    • Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat berbangsa dan bernegara serta anti korupsi.
                                    • Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
                                    • Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

                                    3. Bahasa Indonesia

                                      Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

                                      • Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan maupun tulis.
                                      • Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
                                      • Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
                                      • Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial.
                                      • Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
                                      • Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

                                      4. Matematika.

                                        Mata pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik mempunyai kemampuan sebagai berikut :

                                        • Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah.
                                        • Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
                                        • Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
                                        • Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram atau benda lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
                                        • Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika, serat sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

                                        5. Ilmu Pengetahuan Alam

                                          Mata pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

                                          • Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
                                          • Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
                                          • Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
                                          • Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
                                          • Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.
                                          • Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
                                          • Memperolah bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

                                          6. Ilmu Pengetahuan Sosial

                                            Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

                                            • Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
                                            • Mempunyai kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
                                            • Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan.
                                            • Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional dan global.

                                            7. Seni Budaya dan Ketrampilan

                                              Mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

                                              • Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan.
                                              • Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan.
                                              • Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan.
                                              • Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.

                                              8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

                                                Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

                                                • Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olah raga yang terpilih.
                                                • Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
                                                • Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
                                                • Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan.
                                                • Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
                                                • Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
                                                • Memahami konsep aktivitas jasmani dan olah raga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai perumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terapil, serta memiliki sikap yang positif.

                                                2.    Muatan Lokal

                                                Muatan Lokal di SDN Adisucipto 1 terdiri atas:

                                                1. Bahasa Jawa

                                                  Muatan Lokal Bahasa Jawa bertujuan sebagai berikut :

                                                  • Mengembangkan kemampuan berbudaya Jawa.
                                                  • Memupuk kemampuan dalam berbahasa Jawa.
                                                  • Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra Jawa.
                                                  • Mengembangkan dan melestarikan hasil kreasi budaya Jawa sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional.

                                                  2. Bahasa Inggris

                                                    Muatan Lokal Bahasa Inggris bertujuan sebagai berikut :

                                                    • Mengenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional.
                                                    • Membekali siswa untuk mampu berbahasa Inggris.

                                                    3. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

                                                      Muatan Lokal TIK bertujuan sebagai berikut :

                                                      • Memperkenalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
                                                      • Membekali siswa dalam pemerapan teknologi sebagi media belajar.
                                                      • Membekali siswa untuk terampil menggunakan Teknologi Informasi.

                                                      3.   Pengembangan Diri

                                                      Pengembangan diri di SDN Adisucipto 1 terdiri atas :

                                                      1. Kewiraan
                                                        1. Pramuka
                                                        2. Peraturan Baris Berbaris
                                                      2. Olahraga
                                                        1. Drumband
                                                        2. Tenis Meja
                                                        3. Futsal
                                                        4. Basket
                                                      3. Seni
                                                        1. Seni Kerajinan menganyam
                                                        2. Seni Lukis
                                                        3. Seni Musik dan Vokal
                                                      1. UKS
                                                        1. Dokter Kecil
                                                        2. Taman Sekolah
                                                      2. Kegiatan budi pekerti dan akhlak mulia
                                                        1. TPA
                                                        2. Jamaah Sholat Dzuhur
                                                        3. Pesantren Ramadhan
                                                        4. Peringatan Hari Raya Qurban

                                                      4. Pengaturan Beban Belajar

                                                      Pengaturan Beban Belajar di SDN Adisucipto 1 sebagai berikut :

                                                      BEBAN BELAJAR SDN ADISUCIPTO 1

                                                      KELAS SATU JAM PEMBELAJARANTATAP MUKA

                                                      (MENIT)

                                                      JUMLAH JAM  PEMBELAJARAN  PER MINGGU MINGGU EFEKTIFPER TAHUN PELAJARAN WAKTU PEMBELAJARAN PER TAHUN
                                                      I s/d III 35 Kelas :

                                                      I.   31

                                                      II.  32

                                                      III.  33

                                                      36 Kelas :

                                                      I.   1.050

                                                      II.  1.085

                                                      III.  1.120

                                                      jam pembelajaran

                                                      Kelas :

                                                      I.  37.800 menit

                                                      II. 39.060 menit

                                                      III. 40.320 menit

                                                      IV s/d VI 35 36 36 1260 jampembelajaran

                                                      (45.360 menit)

                                                      5.    Ketuntasan Belajar

                                                      Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%.

                                                      STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SDN ADISUCIPTO 1

                                                      TAHUN PELAJARAN 2008 – 2009

                                                      NO Komponen Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM)
                                                      Angka Huruf
                                                      A.B.

                                                      C.

                                                      Mata Pelajaran

                                                      1. Pendidikan Agama
                                                      2. Pendidikan Kewarganegaraan dan kepribadian
                                                      3. Bahasa Indonesia
                                                      4. Matematika
                                                      5. Ilmu Pengetahuan Alam
                                                      6. Ilmu Pengetahuan Sosial
                                                      7. Seni Budaya dan ketrampilan
                                                      8. Pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan

                                                      Muatan Lokal

                                                      1. Bahasa Jawa
                                                      2. Bahasa Inggris
                                                      3. Teknologi Informasi dan Komunikasi

                                                      Pengembangan Diri

                                                      1. Pramuka
                                                      2. Olah raga
                                                      • Sepak Bola
                                                      • Bulu Tangkis
                                                      7570

                                                      75

                                                      65

                                                      70

                                                      70

                                                      70

                                                      70

                                                      65

                                                      65

                                                      65

                                                      Tujuh puluh limaTujuh puluh

                                                      Tujuh puluh lima

                                                      Enam puluh lima

                                                      Tujuh puluh

                                                      Tujuh puluh

                                                      Tujuh puluh

                                                      Tujuh puluh

                                                      Enam puluh lima

                                                      Enam puluh lima

                                                      Enam puluh lima

                                                      6.    Kenaikan Kelas

                                                      Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh masing-masing direktorat teknis terkait.

                                                      1. Kriteria kenaikan kelas

                                                      • Nilai rapor diambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas/PR, nilai tes tengah semester  dan nilai tes akhir semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran, yang sesuai dengan standart ketuntasan belajar (SKB) di SDN Adisucipto 1.
                                                        • Memiliki rapor di kelasnya masing-masing.

                                                        2. Penentuan kenaikan kelas

                                                        1. Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan guru dengan mempertimbangkan SKB, sikap/penilaian/budi pekerti dan kehadiran siswa yang bersangkutan.
                                                        2. Siswa yang dinyatakan naik kelas, rapornya dituliskan naik ke kelas …
                                                        3. Siswa yang tidak naik kelas harus mengulang di kelasnya.

                                                          7.    Kelulusan

                                                          Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:

                                                          1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
                                                          2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
                                                          3. Lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
                                                          4. Lulus Ujian Nasional / Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

                                                          8.   Penentuan Kelulusan

                                                          1. Kriteria kelulusan

                                                          Hasil ujian dituangkan kedalam blangko daftar nilai ujian hasil ujian dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan dengan kriteria sebagai berikut :

                                                            1. Memiliki rapor kelas VI.
                                                            2. Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, minimal nilai masing-masing mata pelajaran 6,00
                                                            3. Penentuan kelulusan
                                                              1. Penentuan siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap/prilaku/ budi pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi kriteria kelulusan.
                                                              2. Siswa yang dinyatakan lulus diberi ijazah, dan rapor sampai dengan semester 2 kelas VI Sekolah Dasar.
                                                              3. Siswa yang tidak lulus tidak memperoleh ijazah dan mengulang di kelas terakhir.

                                                          9.    Pendidikan Kecakapan Hidup

                                                          Pendidikan kecakapan hidup di SDN Adisucipto 1 adalah komputer

                                                          PROGRAM PEMBELAJARAN KOMPUTER

                                                          SDN ADISUCIPTO 1

                                                          KELAS MATERI
                                                          I. 1. Mengenal alat-alat Teknologi Informasi dan Komunikasi2. Mengenal perangkat komputer

                                                          3. Menggunakan icon gambar

                                                          4. Mengolah gambar

                                                          5. Latihan dan praktek

                                                          II. 1. Mengenal perangkat lunak menggambar2. Lingkungan belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi

                                                          3. Menampilkan icon gambar

                                                          4. Menggambar kreatif

                                                          5. Latihan dan praktek

                                                          III. 1. Icon pengolah gambar2. Menampilkan icon-icon pemadu gambar

                                                          3. Mengolah gambar

                                                          4. Pengenalan windows

                                                          5. Latihan dan praktek

                                                          IV. 1. Pengenalan windows2. Icon pengolah kata

                                                          3. Menggunakan icon pengolah kata

                                                          4. Pembuatan dokumen

                                                          5. Latihan dan praktek

                                                          V. 1. Pengenalan windows2. Icon pengolah kata

                                                          3. Menu standar pengolah kata

                                                          4. Demonstrasi icon menu standar pengolah kata

                                                          5. Pembuatan teks bergambar

                                                          6. Latihan dan praktek

                                                          VI. 1. Icon pengolah kata2. Menu standar pengolah kata

                                                          3. Demonstrasi icon menu standar pengolah kata

                                                          4. Icon-icon pendukung

                                                          5. Pengenalan program multimedia.

                                                          6. Latihan dan praktek


                                                          BAB III

                                                          KALENDER PENDIDIKAN

                                                          Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup  permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

                                                          Kalender pendidikan SD/MI Tahun Pelajaran 2008 – 2009

                                                          Semester 1

                                                          JULI 2008
                                                          Minggu 30 6 13 20 27
                                                          Senin 31 7 14 21 28
                                                          Selasa 1 8 15 22 29
                                                          Rabu 2 9 16 23 30
                                                          Kamis 3 10 17 24 31
                                                          Jumat 4 11 18 25
                                                          Sabtu 5 12 19 26
                                                          13
                                                          HE hari
                                                          03-13 Liburan Kenaikan Kelas
                                                          14 Back to School
                                                          30 Isra’ Mi’raj 1428 H
                                                          AGUSTUS 2008
                                                          Minggu 27 3 10 17 24/31
                                                          Senin 28 4 11 18 25
                                                          Selasa 29 5 12 19 26
                                                          Rabu 30 6 13 20 27
                                                          Kamis 31 7 14 21 28
                                                          Jumat 1 8 15 22 29
                                                          Sabtu 2 9 16 23 30
                                                          25
                                                          HE hari
                                                          17 Agustus HUT Kemerdekaan RI
                                                          SEPTEMBER 2008
                                                          Minggu 7 14 21 28
                                                          Senin 1 8 15 22 29
                                                          Selasa 2 9 16 23 30
                                                          Rabu 3 10 17 24
                                                          Kamis 4 11 18 25
                                                          Jumat 5 12 19 26
                                                          Sabtu 6 13 20 27
                                                          23
                                                          HE hari
                                                          01-02 Liburan Awal Ramadhan
                                                          OKTOBER 2008
                                                          Minggu 5 12 19 26
                                                          Senin 6 13 20 27
                                                          Selasa 7 14 21 28
                                                          Rabu 1 8 15 22 29
                                                          Kamis 2 9 16 23 30
                                                          Jumat 3 10 17 24 31
                                                          Sabtu 4 11 18 25
                                                          14
                                                          HE hari
                                                          01-02 Libur Ramadhan
                                                          25-30 Hari Raya Iedul Fitri
                                                          03-08 Libur Hari Raya Iedul Fitri
                                                          NOVEMBER 2008
                                                          Minggu 2 9 16 23/30
                                                          Senin 3 10 17 24
                                                          Selasa 4 11 18 25
                                                          Rabu 5 12 19 26
                                                          Kamis 6 13 20 27
                                                          Jumat 7 14 21 28
                                                          Sabtu 1 8 15 22 29
                                                          26
                                                          HE hari
                                                          25 Hari Guru Nasional
                                                          DESEMBER 2008
                                                          Minggu 7 14 21 28
                                                          Senin 1 8 15 22 29
                                                          Selasa 2 9 16 23 30
                                                          Rabu 3 10 17 24 31
                                                          Kamis 4 11 18 25
                                                          Jumat 5 12 19 26
                                                          Sabtu 6 13 20 27
                                                          18
                                                          HE hari
                                                          08 Hari Raya Idul Adha
                                                          09-16 Ulangan Akhir Semester I
                                                          27 Pembagian Rapor Semester 1
                                                          28-11 Jan 2009 Libur Semester I
                                                          29 Tahun Baru Hijriah 1430 H

                                                          Semester 2

                                                          JANUARI 2009
                                                          Minggu 4 11 18 25
                                                          Senin 5 12 19 26
                                                          Selasa 6 13 20 27
                                                          Rabu 7 14 21 28
                                                          Kamis 1 8 15 22 29
                                                          Jumat 2 9 16 23 30
                                                          Sabtu 3 10 17 24 31
                                                          12
                                                          HE hari
                                                          28-11
                                                          Jan 2009 Libur Semester I
                                                          12 Awal Belajar Semester II
                                                          FEBRUARI 2009
                                                          Minggu 1 8 15 22
                                                          Senin 2 9 16 23
                                                          Selasa 3 10 17 24
                                                          Rabu 4 11 18 25
                                                          Kamis 5 12 19 26
                                                          Jumat 6 13 20 27
                                                          Sabtu 7 14 21 28
                                                          24
                                                          HE hari
                                                          MARET 2009
                                                          Minggu 2 9 16 23/30
                                                          Senin 3 10 17 24/31
                                                          Selasa 4 11 18
                                                          Rabu 5 12 19
                                                          Kamis 6 13 20
                                                          Jumat 7 14 21
                                                          Sabtu 1 8 15 22
                                                          25
                                                          HE hari
                                                          09 Maulid Nabi Muhammad 1429 H
                                                          26 Hari Raya Nyepi
                                                          APRIL 2009
                                                          Minggu 6 12 19 26
                                                          Senin 7 13 20 27
                                                          Selasa 1 8 14 21 28
                                                          Rabu 2 5 15 22 29
                                                          Kamis 3 9 16 23 30
                                                          Jumat 4 10 17 24
                                                          Sabtu 5 11 18 25
                                                          24
                                                          HE hari
                                                          10 Wafat Yesus Kristus
                                                          MEI 2009
                                                          Minggu 3 10 17 24/30
                                                          Senin 4 11 18 25/31
                                                          Selasa 5 12 19 26
                                                          Rabu 6 13 20 27
                                                          Kamis 7 14 21 28
                                                          Jumat 1 8 15 22 29
                                                          Sabtu 2 9 16 23
                                                          20
                                                          HE hari
                                                          02 Hardiknas
                                                          09 Waisak
                                                          11-13 UNAS SD/SLB (Utama)
                                                          18,19dan 22 UNAS SD/SLB (Susulan)
                                                          JUNI 2009
                                                          Minggu 6 13 20 27
                                                          Senin 7 14 21 28
                                                          Selasa 1 8 15 22 29
                                                          Rabu 2 9 16 23 30
                                                          Kamis 3 10 17 24
                                                          Jumat 4 11 18 25
                                                          Sabtu 5 12 19 26
                                                          6
                                                          HE hari
                                                          01-06 Ujian SD
                                                          08-13 Ujian Kenaikan Kelas
                                                          27 Pembagian Rapor Semester II(Kenaikan Kelas)
                                                          28-12 Jul 2009 Juli Libur Semester II

                                                          Tinggalkan Balasan

                                                          Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

                                                          Logo WordPress.com

                                                          You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

                                                          Gambar Twitter

                                                          You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

                                                          Foto Facebook

                                                          You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

                                                          Foto Google+

                                                          You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

                                                          Connecting to %s

                                                          %d blogger menyukai ini: